Ikuti Kami di :            

INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037

HMPS PBA Tiga PT di Ponorogo Semarakkan Festival Bahasa Arab se Matraman

March, 27 2018 14:11
Oleh HUMAS INSURI Po.

Ahad, (25/03) merupakan hari diselenggarakan Festival Bahasa Arab (Mahrajan al-Lughah al-'Arabiyyah/ Maharah) 2018 Ponorogo di Graha Watoe Dakoen IAIN Ponorogo. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS) PBA dari tiga Perguruan Tinggi di Ponorogo (UNIDA Gontor, INSURI Po, dan IAIN Ponorogo) yang bekerjasama dengan organisasi mahasiswa Bahasa Arab Ittihadu Thalabah al-Lughah al-'Arabiyyah (ITHLA) Indonesia. Kegiatan Maharah merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh HMPS PBA Ponorogo satu kali dalam setahun. Pada tanggal 25 Maret 2018 ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan.

Segenap panitia dari kalangan mahasiswa telah menyiapkan jauh hari secara matang dengan maksud agar kegiatan berjalan dengan baik. Walhasil, kegiatan ini diikuti tidak kurang dari 140 peserta yang terdiri dari kalangan siswa/i SMA,MA, Pondok Pesantren se eks karesidenan Madiun. Perlombaan pun digelar dengan berbagai macam seperti Muhadharah, Taqdiim al-Syi'ri, Ghina' 'Araby, dan Cerdas Cermat. Selain menyelenggarakan perlombaan, panitia juga menyediakan stand bazar buku dan berbagai cendera mata kegiatan. Kemudian untuk dewan juri terdiri dari segenap Dosen tiga Perguruan Tinggi tersebut.

Festival bahasa Arab merupakan kegiatan yang sangat penting diselenggarakan di karesidenan Madiun, terlebih di kabupaten Ponorogo yang merupakan basis kota santri. Secara normatif, santri harus bergelut dengan bahasa Arab. Dengan demikian, maka diperlukan sebuah media guna mengembangkan potensi dan kreativitas santri/siswa dalam berbahasa Arab, yakni disiapkan wahana kontestasi yang sifatnya rutin. Secara tidak langsung, kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi Perguruan Tinggi Islam di Ponorogo dan syiar bahasa Arab sebagai bahasa Islam dan bahasa persatuan.

***