Ikuti Kami di :            

INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037

LP2M INSURI Po Gelar Workhsop Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Pendekatan ABCD

May, 03 2018 15:50
Oleh HUMAS INSURI Po

Selasa, (1/5) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) INSURI Ponorogo mengadakan Workshops Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat di Hall Aswaja INSURI Ponorogo. Kegiatan ini dinarasumberi oleh Dr. Abdul Muhid, M.Si dari UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ahmad Syafii, SJ., M.S.I selaku ketua LP2M INSURI Po menjelaskan bahwa misi dari kegiatan ini adalah memberikan bekal kepada dosen tetap INSURI Po dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama dalam bidang Pengabdian Masyarakat yang kebetulan pada bulan Agustus 2018 akan diselenggarakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) mahasiswa semester VII INSURI Ponorogo.

Abdul Muhid sebagai narasumber workshop menjelaskan tentang "Paradigma Konteks University Community Engagement". Bahwasanya pengabdian masyarakat harus dinamis dan rekonstruktif sesuai dengan perubahan masyarakat. Pada kesempatan kali ini, pria yang sekaligus menjadi dosen UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut menjelasakan tentang pengabdian kepada masyarakat berbasis pendekatan ABCD. Pendekatan ini merupakan pendekatan yang melihat berbagai potensi masyarakat sebagai suatu aset yang harus dikembangkan, dikelola, dan ditumbuhkembangkan demi kesejahteraan masyarakat. Masyarakat bisa diarahkan agar mampu melihat potensi SDA dan SDM yang ada di sekelilingnya. Dosen sebagai fasilitator dalam pengabdian masyarakat harus mampu bermitra dengan berbagai pihak baik dari ka akademisi, mahasiswa, dan masyarakat selama proses pengabdian. Dengan demikian, Eklektisme dari berbagai pihak diharapkan membuahkan hasil pengabdian masyarakat yang maksimal.

***