Ikuti Kami di :            

INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037

Prodi PBA INSURI Ponorogo Gelar Kerjasama dengan Lembaga Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri.

May, 16 2018 17:28
Oleh HUMAS INSURI Po

Senin, (14/05) Studi normativitas bahasa dan pengajarannya tidak hanya terletak pada aspek teoritis. Studi bahasa di kontemporer yang saat ini didominasi Era-Digital membawa dampak kepada perubahan dan pengembangan studi bahasa yang telah mapan yang salah satunya adalah perlunya aktualisasi bahasa pada aspek-aspek empiris dan terapan. Pada kesempatan ini, yakni di hari Senin, 14 Mei 2018, segenap civitas akademika dari program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) INSURI Ponorogo mulai dari kaprodi, dosen, dan mahasiswa menggelar kerjasama (MoU) dengan lembaga kursus bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri. Kegiatan ini berlangsung pagi hingga siang hari di lembaga tersebut. Runtutan kegiatan ini dimulai dengan pembukaan, perwakilan sambutan dari pengasuh/musyrif PBA INSURI Ponorogo M. Ali Fikri, sambutan direktur lembaga kursus bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri M. Muslihin, penyampaian harapan dari mahasiswi PBA INSURI Po saat berkunjung di lembaga tersebut yang diwakili oleh Dwi Erviana, penandatanganan naskah kerjasama, pemberian cinderamata dan kenang-kenangan, dan diakhiri dengan penutup.

Wahyu Hanafi selaku ketua program studi PBA INSURI Ponorogo menegaskan bahwa kegiatan ini sebenarnya sudah direncanakan jauh hari, akan tetapi baru dapat terealisasi setelah mahasiswa melaksanakan ujian tengah semester genap  (UTS) tahun akademik 2017/2018. Misi dari kegiatan ini adalah mengenalkan mahasiswa terhadap metodologi PBA yang digunakan di lembaga kursus bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri. Seperti telah diketahui, bahwa lembaga tersebut saat ini mempunyai siswa yang berjumlah ratusan yang tersebar ke dalam beberapa program kursus.

Sementara itu, M. Muslihin selaku direktur lembaga kursus juga turut mengapresiasi atas kehadiran dari civitas akademika prodi PBA INSURI Ponorogo yang pada hari tersebut berkenan berkunjung di lembaganya. Pria kelahiran kota Reyog tersebut memberikan arahan kepada seluruh mahasiswa agar menggali dan bertanya terhadap segala hal yang ada di lembaga tersebut, mulai dari metodologi PBA, sarana, SDM, dan lain-lain. Untuk membuat rileks suasana, mahasiswa juga turut mengikuti kegiatan outbond yang diselanggarakan di kembaga tersebut dengan tutor para musyrif Al-Azhar. Kegiatan ini berlangsung sampai siang hari dan dilanjutkan wisata di Pantai Gemah Tulung Agung Jawa Timur sembari perjalanan pulang.

***