Ikuti Kami di :            

INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037

Program Pascasarjana INSURI Ponorogo Awali Kegiatan Akademik dengan Studium General

October, 01 2018 09:57
Oleh HUMAS INSURI Po.

Ahad, (30/9). Program Pascasarjana INSURI Ponorogo menggelar studium general guna menyambut tahun akademik baru 2018/2019. Pada kesempatan ini, kegiatan diikuti oleh puluhan mahasiswa baru Pascasarjana. Tema yang diusung adalah “Pesantren sebagai Pencetak Kader Fuqaha’: Studi Kasus Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur”. Orasi tersebut disampaikan oleh Dr. M. Asvin Abdurrahman, M.Pd.I selaku Wakil Rektor I INSURI Ponorogo. Menurut pria yang sekaligus pengasuh salah satu pesantren di Ponorogo tersebut, pesantren Sidogiri sebagai pesantren tertua di lingkup Jawa Timur turut berkontribusi dalam pengembangan peradaban masyarakat dan bangsa. Sebagai pesantren yang memiliki kemandirian dalam bidang sektor ekonomi, pesantren sidogiri juga memperhatikan dalam bidang pendidikan agama, terutama dalam bidang kaderisasi santri bidang fikih. Pondok pesantren sidogiri sebagai pesantren yang memiliki brand salafiyyah telah menggunakan metodologi pembelajaran yang mutakhir dalam bidang fikih. Studi fikih yang diajarkan cukup bervariasi mulai dari tingkat ibtida’, mutawassith, dan, ulya. Tema-tema fikih pun juga bervariasi mulai dari fikih ibadah, fikih ekonomi, fikih keluarga dan perbandingan mamdzhab. Semua materi bersumber dari literatur-literatur primer.

Studi agama nomativitas di era modern saat ini sangat dibutuhkan guna menanamkan nilai-nilai transendental dalam bidang Islamic Studies. Studi agama kontemporer harus menjawab persoalan masyarakat mutakhir. Tugas mahasiswa pascasarjana dalam hal ini adalah mampu menggeneralisasikan konsep agama yang normatif sembari mendialogkan dengan konsep agama yang sifatnya historis dan sosiologis. Agama tidak hanya dipelajari secara transendetal, akan tetapi agama harus mampu berdialog dengan kearifan lokal melalui data-data yang sifatnya empiris. Selain itu, mahasiswa pascasarjana juga berkewajiban memperkaya khazanah keilmuwan secara mandiri dengan banyak membaca literatur-literatur mutakhir, mengembangkan riset, dan pengabdian masyarakat.

Dengan dibukanya studium general ini, maka perkuliahan di pascasarjana INSURI Ponorogo telah dimulai. Kegiatan belajar mengajar di kelas akan dimuali pada pekan awal di bulan Oktober.