Ikuti Kami di :            

INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037

Mahasiswa DIUN INSURI Po Menjadi Relawan Korban Bencana Alam Palu

October, 03 2018 13:47
Oleh HUMAS INSURI Po.

Senin, (1/10). Misi kemanusiaan merupakan tanggung jawab manusia sebagai makhluk sosial di bumi. Dalam terminologi teologis, tugas manusia sebagai Khalifah fil ardh atau pemimpin di bumi adalah mencintai sesama, menolong, memberikan empati yang mendalam terhadap saudaranya yang terkena musibah tanpa melihat sisi ideologi, sosial, ras, suku, dan agama. Maraknya berita bencana alam gempa dan tsunami di kota Palu pada pekan ini telah menarik empati bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia dan pemerintah setempat. Terlepas dari pro dan kontra bahwa pemasalahan ini akan menjadi bencana nasional atau tidak, maka ada kewajiban yang lebih penting yang harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab kita sebagai makhluk sosial yakni segera memberikan perhatian khusus dan menjadi relawan guna meringankan beban mereka.

Pada kesempatan ini, mahasiswa INSURI Ponorogo yang tergabung dari beberapa program studi PMI, KPI, PBA, PGMI, dan PIAUD yang kini sedang duduk di semester satu dan tiga turut berpartisipasi dalam penggalangan donasi untuk korban bencana alam di Palu. Mahasiswa yang tergabung dari DIUN (Dakwah INSURI Untuk Negeri) ini sudah dua hari melaksanakan tugasnya dalam mencari donasi di berbagai titik perempatan traffic light di kawasan kabupaten Ponorogo. Reaksi ini kemudian membawa pengaruh kepada masyarakat pengguna jalan untuk menyalurkan donasi. Lukman, selaku koordinator kegiatan ini menyatakan bahwa kegiatan ini adalah sebagai bentuk tanggungjawab mahasiswa selaku generasi bangsa dalam memelihara tanggung jawab sosial dalam skala nasional. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan manifestasi dari program kerja DIUN. 

Dalam pekan ini, mahasiswa DIUN turut merencanakan kerjasama dengan organisasi kemahasiswaan di lingkungan INSURI Ponorogo terkait donasi dan bantuan. Bantuan yang dapat disalurkan rencananya tidak hanya berupa uang, akan tetapi juga berupa makanan, pakaian layak dan obat-obatan. Dengan demikian, semoga apa yang telah dikerjakan oleh mahasiswa DIUN INSURI Po dapat sedikit meringankan korban bencana alam di Palu.

***